BeritaDosenMahasiswa

Wujud Kolaborasi Riset Dosen dan Mahasiswa KPI: Mendedah Komunikasi Pemasaran Wisata Lokal

Salah satu mahasiswa Program Studi KPI, Novita Prasetyani, berkolaborasi dengan Rhesa Zuhriya Briyan Pratiwi (Dosen KPI) dalam riset ilmiah bertajuk Promosi dan Pemasaran Pariwisata Objek Wisata Tirta Sinongko dalam Upaya Menarik Wisatawan. Riset ini dilatarbelakangi oleh adanya persaingan sejumlah objek pariwisata yang ada di Kabupaten Klaten, seiring dengan karakteristik wilayah Klaten yang memiliki beberapa wisata lokal sebagai penanda dan ciri khas daerah.

Hasil riset Novita dan Rhesa dimuat dalam Jurnal PRofesi Humas Volume 5 Nomor 1 Tahun 2020 yang diterbitkan oleh Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung. Artikel ilmiah hasil riset ini secara khusus diterbitkan pada jurnal ilmiah terakreditasi Sinta 2 bersama artikel-artikel lainnya yang membahas tentang keilmuan komunikasi, khususnya di bidang  Public Relations (kehumasan).

Menitikberatkan pada pembahasan promosi wisata lokal, Novita dan Rhesa berhasil memadukan antara aspek komunikasi dan pemasaran yang dilakukan oleh objek wisata Tirta Sinongko melalui BUMDes Pokak, Ceper, sebagai pengelola dan manajer operasionalnya. Riset dilaksanakan secara kualitatif lapangan, dengan data utama yang diperoleh melalui pengamatan dan wawancara ke lokasi wisata Tirta Sinongko.

Adapun hasil riset menggambarkan bahwa komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Tirta Sinongko merujuk pada tiga bentuk strategi utama, yakni: promosi online melalui platform media sosial, promosi melalui event khusus, serta personal selling terhadap para wisatawan. Ketiga upaya ini diharapkan dapat dikembangkan oleh BUMDes Pokak sebagai pengelola wisata guna meningkakan jumlah kunjungan wisatawan di objek Tirta Sinongko.

Leave a Reply

Your email address will not be published.