BeritaDosenKolaborasiMahasiswa

Riset Kolaboratif Dosen dan Mahasiswa KPI, Bahas Community Relations, Dimuat Jurnal Sinta 2

Berfokus pada program pengembangan kemitraan, Yeni Puji Astuti, mahasiswa Prodi KPI, berkolaborasi dengan Dosen Prodi KPI, Rhesa Zuhriya Briyan Pratiwi, dalam riset ilmiah yang dipublikasikan dalam Profetik: Jurnal Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Riset ilmiah ini dilakukan dengan mengambil subjek utama UPT Taman Balekambang Surakarta dan membahas secara khusus mengenai praktik community relations sebagai bentuk tanggung jawab sosial UPT kepada masyarakat melalui program pengembangan kemitraan.

Riset ilmiah yang dilakukan oleh Yeni dan Rhesa dilakukan secara kualitatif melalui pengumpulan data dengan teknik pengamatan langsung, wawancara, dan dokumentasi. Dalam prosesnya, data riset secara utama diperoleh melalui informan yang ditentukan secara purposif, yakni pengelola UPT Taman Balekambang, yang bertanggung jawab secara langsung dalam program kemitraan masyarakat yang dilakukan.

Profetik: Jurnal Komunikasi yang memuat riset Yeni dan Rhesa adalah jurnal nasional terakreditasi Sinta 2 dalam bidang ilmu komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa community relations yang dilakukan oleh UPT Taman Balekambang dilakukan melalui kerja sama dan koordinasi antara publik internal dan eksternal lembaga. Implementasi dari community relations ini terwujud melalui beragam kegiatan kesenian, seperti pementasan ketoprak, sendratari, pasar seni, dan event-event lainnya.

Lebih lanjut, implementasi community relations yang ditemukan merujuk pada tiga tahapan utama, yaitu: pra-program sebagai bentuk perencanaan kegiatan; proses implementasi program kegiatan; serta pasca program sebagai bentuk evaluasi dan penentuan rekomendasi kegiatan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.