DosenKaryaKolaborasiMahasiswa

Fokus Pada Bidang Kehumasan, Riset Kolaboratif Mahasiswa dan Dosen KPI Ulas Media Relations dan Citra Lembaga

Guna memperkuat iklim akademik di lingkup Program Studi (Prodi), Rahmawati (mahasiswa Prodi KPI) berkolaborasi dengan Rhesa Zuhriya Briyan Pratiwi (dosen KPI) dalam riset ilmiah bertajuk Strategi Media Relations PDAM Surakarta dalam Upaya Mempertahankan Citra Perusahaan. Penelitian ini dimuat dalam salah satu jurnal nasional terakreditasi, Lentera, Volume 3 Nomor 1 Tahun 2019, yang diterbitkan oleh IAIN Samarinda.

Memfokuskan pembahasan pada strategi media relations, riset ilmiah Rahmawati dan Rhesa bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pembentukan citra dan reputasi dari PDAM Surakarta di mata publik. Riset dilakukan dengan strategi kualitatif lapangan dan menggunakan depthinterview sebagai teknik pengumpulan data secara utama. Selain itu, data riset juga diramu melalui pengamatan dan dokumentasi pada sejumlah data-data pendukung dari PDAM Surakarta.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa PDAM Surakarta berupaya untuk mengelola relasi dengan media melalui pelayanan atas kebutuhan informasi media terhadap perusahaan. Adapun bentuk media relations dilakukan dalam kegiatan press release, media visit, dan press tour. Selain itu, PDAM juga mengembangkan jaringan dengan menjalin kerja sama dengan beberapa media massa area Solo, seperti Solopos, RRI, Ria FM, TA TV, dan Metta FM.

Leave a Reply

Your email address will not be published.