BeritaMahasiswa

Fajar Junaedi: Mahasiswa Harus Memiliki Science, Skill, Ethic, Art

“Saya selalu menyampaikan kepada semua mahasiswa, bahwa seorang mahasiswa harus punya empat hal: science, skill, ethic, dan art. Ini penting. Dan bagi mahasiswa yang mau magang saya berpesan, hal pertama yang harus jenengan perhatikan adalah attitude. Itu kunci. Mahasiswa juga harus adaptif dengan perubahan,” ujar Dr. Fajar Junaedi, dosen UMY, dalam acara pembekalan PPL/magang prodi KPI IAIN Surakarta (22/7/21).

Prodi KPI IAIN Surakarta mengadakan pembekalan PPL secara daring dengan diikuti 173 mahasiswa semeter 7. Acara dibuka oleh Dr. Islah, dekan FUD IAN Surakarta.

“Tantangan era disrupsi salah satunya adalah merebaknya hoaks. Juga banyaknya orang yang seolah-olah menjadi ahli. Seakan ahli di bidang kesehatan, ahli agama dan lain-lain. Mahasiswa KPI harus menjadi solusi di tengah banyaknya masalah di seputar dunia komunikasi. Dan saya berharap mahasiswa KPI mendapat banyak ilmu ketika magang yang kelak berguna di dunia kerja,” tukas Dr. Islah. Ia juga menjelaskan bahwa FUD telah menyediakan laboratorium yang memedai untuk mahasiswa, yakni laboratorium Radeka dan Permata. Hendaknya mahasiswa dapat memaksimalkan lab tersebut.

Pada acara pembekalan PPL Fajar Junaedi menyampaikan terdapat hal penting yang harus dikuasai mahasiswa KPI hari ini adalah kemampuan mengelola media sosial. Mahasiswa harus tahu karakteristik media sosial, memahami waktu-waktu prime time mengunggah konten, juga hari-hari yang tepat untuk mempublikasikan konten. Keahlian mengelola media sosial penting dan berguna saat magang.

Prodi KPI turut melibatkan mahasiswa dalam acara pembekalan PPL. Mereka adalah Panji Putra (moderator), Maya Candra (MC), Fadia Faris (dirigen) dan Azizah Nur Khasanah (dokumentasi). Acara juga dihadiri seluruh dosen KPI IAIN Surakarta.

Sejumlah mahasiswa menyampaikan bahwa materi pembekalan kali ini sangat bagus dan bermanfaat. “Isinya daging semua,” tukas Rahmat Bilal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.