Berita

Bidang Pemuda DISPORAPAR Boyolali Lakukan Pembinaan UMKM

Bidang Pemuda merupakan salah satu bidang yang ada di Kantor Pemerintahan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DISPORAPAR) Boyolali. Bidang Pemuda melakukan pembinaan terhadap UMKM (Unit Mikro Kegiatan Masyarakat) dari kecamatan Banyudono Boyolali. Pembinaan ini bertempat di kantor Bidang Pemuda pukul 09.30-12.00, 10 September 2020.

Pembinaan UMKM merupakan bagian dari program Bidang Pemuda yang termasuk ke dalam Seksi Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda. UMKM yang berasal dari kecamatan Banyudono ini dapat berkonsultasi atau meminta pendapat mengenai produk-produk yang akan dijualbelikan kepada Kepala bidang Pemuda dan Kepala seksi Pemberdayaan dan pengembangan pemuda. Bidang Pemuda dapat mengarahkan anggaran yang akan digunakan untuk keperluan UMKM tersebut.

“Kegiatan Pembinaan UMKM ini adalah bagian program kegiatan dari bidang pemuda, biasanya kita yang ke lokasi usaha tetapi karena Covid-19 dan untuk mengurangi penyebaran dan pembinaan tetap berjalan maka mereka yang ke kantor dan hanya beberapa orang dengan mematuhi protokol kesehatan,” ujar Hartono, kepala Bidang Pemuda.

UMKM Kecamatan Banyudono ini memiliki usaha kecil yaitu pembuatan kue donat yang berasal dari bahan alam salah satunya dari ubi, dengan menggunakan bahan alam ini mereka dapat membeli dari hasil panen petani setempat. Kemudian produk diolah dan akan dipasarkan di tempat-tempat wisata Boyolali.

Memberdayakan masyarakat sekitar khususnya warga Boyolali untuk membantu meningkatkan bakat, ketrampilan dan penghasilan merupakan bagian dari visi DISPORAPAR Boyolali yaitu meningkatkan kepemudaan potensi sumber dengan daya memanfaatkan kemitraan lintas sektoral, antar tingkat pemerintahan, untuk mendukung pemberdayaan peningkatan kemasyarakatan penyadaran pemuda, dan melalui inventarisasi potensi, kapasitas keilmuan, kapasitas keimanan, kreativitas, dan kemampuan berorganisasi pemuda sehingga pemuda dapat meningkatkan partisipasi, peran aktif, dan produktivitas dalam membangun dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. (Farida)

Tulisan ini merupakan salah satu tugas PPL mahasiswa KPI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.