BeritaMahasiswa

Dosen dan Mahasiswa KPI Beri Pelatihan Membuat Vlog dan Blog kepada Santri

Bertempat di Pesma FUD/Ponpes Al-Musthofa, Sawit, Boyolali dosen dan mahasiswa KPI memberikan pelatihan membuat vlog dan blog kepada santri (28/7/20). Tri Widianto, mahasiswa KPI, memberi pelatihan tentang cara membuat vlog. Ia memaparkan kiat membuat konten audio visual yang menarik. Peserta diajak membuat konten Youtube sederhana dengan dipandu narasumber.

Kegiatan yang bertema “Tetap Kreatif di Tengah Pandemi” tersebut menerapkan protokol kesehatan ketat dengan mewajibkan peserta cuci tangan dan bermasker.

Pada sesi kedua, Abraham Zakky Zulhahmi, dosen KPI, memaparkan fenomena blog dan Islam virtual. Menurutnya, penggunaan blog memang membawa banyak kemudahan, namun perlahan blog sudah mulai ditinggalkan. Sebagain besar penulis lebih memilih mempublikasikan tulisan di sejumlah portal. Adapun untuk para santri dapat mengirim tulisan ke islamsantun.org, islami.co, alif.id dan portal sejenis.

“Kita perlu memenuhi internet dengan konten-konten Islam ramah, bukan Islam marah. Moderasi beragama mesti jadi pijakan, juga semangat menjaga kearifan lokal. Santri-santri sudah punya modal, tinggal menulis dan mempublikasikan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.