Mahasiswa

Mahasiswa KPI Ikuti Program Belajar dan Liputan Jurnalisme Data

Minggu, 17 Mei 2020 Aliansi Jurnalis Independen mengundang jurnalis warga atau pers mahasiswa untuk berpartisipasi dalam acara Program Belajar dan Liputan Jurnalisme Data dengan tema “Memantau Implementasi Kawasan Tanpa Rokok di Solo”

Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jurnalis warga atau pers mahasiswa mengenai jurnalisme data dalam mengawal hak-hak publik terkait kawasan kawasan tanpa rokok di Solo.

Program ini hanya diperuntukkan 20 orang saja, karena banyak yang mendaftar, maka dilakukan seleksi. Kegiatan ini terdiri atas beberapa sesi pertemuan, menulis berita, dan mentoring.

Sesi 1: Pengantar dan studi kasus, Sabtu 30 Mei 2020 pukul 09.00 WIB – selesai
Sesi 2: Diskusi online, Jumat 5 Juni 2020 pukul 13.00 WIB – selesai
Sesi 3: Pembersihan data, Sabtu 13 Juni 2020 pukul 09.00 WIB – selesai) Sesi 4: Lanjutan, visualisasi, Minggu 14 Juni 2020 pukul 09.00 WIB – selesai)

“Seluruh pertemuan online dilakukan melalui Google Meet. Untuk praktik pengolahan data menggunakan aplikasi Google Spread Sheet dan memaksimalkan penggunaan Google Drive. Sedangkan studi kasus yang kita gunakan adalah isu hak-hak publik terkait pengendalian rokok dan kawasan tanpa rokok di Solo,” Kata Adib, ketua AJI Solo dalam grup WhatsApp workshop.

Workshop ini dipandu oleh Adib Asfar Ketua AJI Solo dan dibantu oleh Cahyadi untuk mendampingi peserta (mentoring) dalam praktik dan penulisan, serta Chrisna Sekretaris AJI Solo yang mencatat isi tiap pertemuan.

Kemudian, di akhir kegiatan peserta diharapkan mengumpulkan tugas ketiga sebagai tugas akhirnya. Dan para peserta dengan tulisan tulisan terbaik selama mengikuti program akan mendapatkan hadiah dari penyelenggara.

Berikut ini daftar peserta terbaik:

  1. Ni’matul Faizah dengan nilai 8.7 dari Prodi TV & Film semester 8 ISI Surakarta
  2. Zalfaa Azalia dengan nilai 8 prodi pendidikan luar biasa semester 4 UNS
  3. Yuni Firdaus dengan nilai 7.1 dari Prodi KPI Semester 4 IAIN Surakarta
  4. Anisa Yuliana dengan nilai 7.05 dari Prodi Ilmu Komunikasi semester 3 UMS
  5. Fajar Nur Annisa dengan nilai 7 dari Prodi Bahasa Indonesia semester 6 UNS

Penilaian tulisan-tulisan yang masuk berdasarkan beberapa aspek: sudut pandang, kelengkapan data (5W1H), alur, sampai pemenuhan deadline. Hasilnya, diambil 5 besar di antara 18 peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.