Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare bekerjasama dengan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya dan Asosiasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (ASKOPIS) akan mengadakan sebuah kegiatan kolaborasi dalam bentuk Webinar Nasional (Webnas) Komunikasi dengan mengangkat tema Post Function Media Digital.

Kegiatan ini akan dibuka oleh Rektor IAIN Parepare Dr. Ahmad Sultra Rustan, M.Si sekaligus menjadi keynote speaker sebagai salah seorang pakar akademik dalam bidang komunikasi dan juga menghadirkan tiga narasumber dari beberapa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Indonesia, antara lain: Dr. H. Abd. Halim, M. Ag, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr Hj. Kamila Adnani, M.Si, Wakil Dekan 1 Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta/ Sekretaris Umum ASKOPIS dan Dr. Abd. Halim K., L.C., M. A., Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare.

Ketiga narusember ini akan memberikan pemaparan materi masing-masing tentang transformasi fungsi yang terjadi di media digital.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari Selasa, 19 Mei 2020 pukul 14.00 WITA melalui aplikasi digital conference, merupakan sebuah bentuk kerjasama lintas perguruan tinggi yang memiliki fakultas dan program studi berbasis keilmuan pada bidang komunikasi, dakwah dan media.

Taufiq Syam selaku koordinator acara sekaligus host mengungkapkan Post Funciton Media Digital dipilih sebagai tema dalam kegiatan tersebut untuk memberikan gambaran tentang transformasi fungsi yang terjadi di media digital sejak awal kemunculan sampai hari ini di dalam ruang-ruang interaksi sosial manusia.

“Media digital hadir di masyarakat sebagai penyedia layanan berbasis all in one. Disrupsi fungsi media digital semakin dirasakan selama masa pandemi Covid-19, yang hampir seluruh aktifitas manusia dilakukan di media digital. Dimulai dari online meeting, market place, digital payment, online course, online transportation, healhty care online, spiritual counseling hingga virtual reality adalah kegiatan yang paling banyak dilakukan di media digital selama masa pandemi. Hal inilah yang akan menjadi fokus pembahasan pada webinar nasional komunikasi tersebut nantinya,” jelasnya.

Ketua Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Parepare, Nurhakki mengungkapkan ucapan rasa terima kasihnya. “Terima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi. Rektor IAIN Parepare yang akan menjadi pembicara kunci, Dekan FDK Sunan Ampel, Sekretaris Umum Askopis, serta tim kerja dosen KPI yang telah berupaya melaksanakan kegiatan seminar nasional dalam keterbatasan,” ungkapnya saat diwawancara via WhatsApp (Sabtu, 16/05).

Sumber: https://kpi.iainpare.ac.id/2020/05/kpi-iain-parepare-kolaborasi-adakan.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *